Kamis, 24 Maret 2011

silabus pariwisata

SILABUS

NAMA SEKOLAH                :   ..............................
MATA PELAJARAN             :   Dasar Kompetensi Kejuruan Usaha Jasa Pariwisata
KELAS/SEMESTER            :  
STANDAR KOMPETENSI  :   Bekerja dengan kolega dan pelanggan
KODE KOMPETENSI          :   PARUJPPKU01C
ALOKASI WAKTU                :   18  X 45 menit


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1. Berkomunikasi di tempat kerja

§ Komunikasi efektif
§ Mendengarkan dengan efektif:
-   Merespon informasi
-   Berbicara efektif
-   Berpikir positif
§ Simpati dan Empati sesuai dengan budaya masyarakat setempat.
§ Mengatasi situasi konflik
§ Menunjukkan sikap sabar, sopan, simpati dan empati dalam berkomunikasi
§ Menyesuaikan diri
§ dengan lingkungan kerja
§ Menjelaskan  prinsip-prinsip komunikasi efektif.
§ Menjelaskan sikap empati dan simpati
§ dalam berkomunikasi
§ Melaksanakan komuni-kasi efektif di tempat kerja.



§ Komunikasi dengan kolega dan pelanggan dilakukan secara terbuka, professional dan secara ramah tamah
§ Menggunakan bahasa dan nada suara yang tepat.
§ Pengaruh bahasa tubuh dipertimbangkan
§ Kepekaan akan kebudayaan dan kemasyarakatan diperlihatkan
§ Aktif mendengarkan dan bertanya dipergunakan untuk memastikan keberhasilan komunikasi dua arah
§ Studi Kasus
§ Pengamatan
§ Simulasi
3
2
(4)
3
(12)
§ Modul -SKKNI
§ Panduan quality stomer service
§ Video QCS



§ Potensi dan konflik yang ada diidentifikasi dan dicari solusinya dengan bantuan dari kolega bila dibutuhkan







2.  Menyediakan bantuan kepada pelanggan-pelanggan di dalam dan di luar perusahaan

§ Macam-macam pelanggan, kebutuhan dan upaya melayani
§ Keluhan pelanggan dan penyelesaiannya

§ Menunjukkan sikap sabar, sopan dan cermat dalam memberikan bantuan kepada pelanggan
§ Menjelaskan macam-macam  dan cara mengidentifikasi kebutuhan pelanggan
§ Menjelaskan macam-macam penyebab keluhan pelanggan dan alternatif penyelesaiannya
§ Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan
§ Kebutuhan dan harapan, termasuk kebutuhan khusus pelanggan diidentifikasi, serta produk dan jasa diberikan kepada pelanggan
§ Komunikasi dengan pelanggan dilaksanakan dengan bersahabat dan sopan
§ Kebutuhan dan permintaan pelanggan dipenuhi sesuai dengan waktu yang ditetapkan oleh perusaha-an
§ Studi Kasus
§ Pengamatan
§ Simulasi
2
2
(4)
2
(8)
§ Modul -SKKNI
§ Panduan quality stomer service
§ Video QCS


§ Memberikan bantuan pelanggan sesuai dengan kebutuhan pelanggan
§ Menangani keluhan pelanggan
§ Kesempatan untuk mempertinggi kualitas pelayanan diidentifikasi dan diambil bilamana memungkinkan
§ Ketidak puasan pelanggan dikenali dengan cepat dan tindakan untuk mengatasi dilakukan sesuai dengan prosedur perusahaan
§ Keluhan pelanggan dita-ngani dengan professional
§ Keluhan disampaikan kepada orang yang tepat untuk ditindak lanjuti sesuai dengan tingkat tanggung jawab individu.





3.  Menjaga dan memelihara standar penampilan diri
§ Faktor pendukung penampilan personal dalam Industri Pariwisata
§ Standar penampilan personal
-   Kebersihan,
-   Kesehatan,
-   Kerapihan,
-   Keserasian
§ Etiket pergaulan
§ Menunjukkan penampilan diri sesuai standar kebersihan dan kesehatan diri, etiket pergaulan dalam Industri Pariwisata
§ Mengidentifikasi faktor-faktor pendukung Penampilan diri sesuai dengan kebersihan, kesehatan dan etiket pergaulan dalam Industri Pariwisata
§ Menampilkan diri dalam pekerjaan sesuai dengan standar penampilan personal
§ Standar penampilan diri diterapkan dengan memper-hatikan:
-   Lokasi bekerja
-   Isu kesehatan dan keselamatan
-   Dampak terhadap perbedaan tipe pelanggan
§ Penampilan spesifik yang diperlukan untuk jenis pekerjaan tertentu
§ Studi Kasus
§ Pengamatan
§ Simulasi
2
-
-
§ Modul -SKKNI
§ Panduan quality stomer service
§ Video QCS
4.  Bekerja dalam satu tim
§ Macam-macam karakteristik individu
§ Macam-macam tim

§ Menunjukkan sikap sabar, sopan, empati dan tanggung jawab dalam bekerja dalam tim.
§ Mengambil prakarsa dan inisiatif dalam mencapai tujuan tim 
§ Menjelaskan karakeristk individu dalam tim
§ Menjelaskan prinsip-prinsip bekerja dalam tim
§ Memperagakan prinsip-prinsip bekerja dalam tim
§ Kepercayaan, dorongan dan rasa hormat ditunjukkan kepada anggota tim di dalam kegiatan sehari-hari
§ Perbedaan kebudayaan diantara tim ditampung
§ Tujuan kerja tim diidentifikasi bersama-sama
§ Tugas-tugas individu diidentifikasi, diprioritaskan dan dilengkapi dalam tengat (kurun) waktu
§ Bantuan dicari dari anggota tim lainnya bila dibutuhkan
§ Bantuan diberikan kepada kolega-kolega untuk memastikan pencapaian tujuan kerja yang telah ditetapkan
§ Umpan balik dan informasi dari anggota tim lainnya diakui
§ Perubahan-perubahan tanggung jawab individu dinegosiasikan kembali untuk memenuhi tujuan-tujuan kerja
§ Studi Kasus
§ Pengamatan
2
-
-
§ Modul -SKKNI
§ Panduan quality stomer service
§ Video QCS


NAMA SEKOLAH                :  ..............................
MATA PELAJARAN             :   Dasar Kompetensi Kejuruan Usaha Jasa Pariwisata
KELAS/SEMESTER            :  
STANDAR KOMPETENSI  :   Bekerja dalam  lingkungan sosial yang berbeda
KODE KOMPETENSI          :   PARUJPPKU02C
ALOKASI WAKTU                :   18 X 45 menit


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.  Berkomunikasi dengan pelanggan
·    Macam-macam komunikasi
·    Prinsip-prinsip komunikasi efektif
·    Hambatan dalam komunikasi
·    Membahas Karakteristik  budaya nasional dan negara asal wisatawan serta pengendalian emosi dalam berkomunikasi
·    Menjelaskan karakteristik  budaya nasional dan negara asal wisatawan
·    Pengendalian emosi dalam berkomunikasi
·    Melaksanakan komunikasi dengan pelanggan
§      
·    Pelanggan dan teman kerja dari kelompok/budaya yang berbeda dihargai perlakukan dengan respek dan memperhatikan sensitifitas
·    Komunikasi verbal dan non verbal dilakukan dengan memperhatikan perbedaan budaya
·    Ketika terjadi hambatan bahasa, bahasa isyarat atau kata-kata sederhana digunakan dengan tepat
·    Bantuan dari kolega, buku-buku referensi atau organisasi-organisasi diluar didapatkan bilamana diperlukan
·    Studi kasus, pengamatan dan simulasi
§     6
§     4
§     (8)
§     5
§     (20)
·    Modul -SKKNI
·    Panduan quality stomer service
·    Video QCS
2.  Menangani kesalahpahaman yang disebabkan oleh perbedaan lintas budaya
·    Lintas budaya
·    Kesalahpahaman yang mungkin terjadi dilingkup kerja
·    Mencegah dan mengatasi kesalah pahaman
§      
·    Membantu mengatasi kesalah pahaman karena perbedaan lintas budaya
·    Mendiskusikan kasus-kasus kesalahpahaman akibat perbedaan budaya dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesalah-pahaman
·    Menyelesaikan  kesalahpahaman sesuai dengan wewenang dan prosedur yang berlaku.
·    Isu yang memungkinkan terjadinya konflik atau kesalah pahaman diidentifikasi
·    Kesulitan yang terjadi disam-paikan kepada orang yang tepat dan bantuan diperoleh dari ketua kelompok
·    Bila kesulitan atau kesalah-pahaman terjadi kemungkinan perbedaan kebudayaan diper-timbangkan
·    Upaya untuk  menyelesaikan kesalahpahaman dilakukan dengan memperhatikan budaya
·    Isu dan masalah disampaikan kepada ketua kelompok atau supervisor untuk tindak lanjut
§  
·    Studi kasus, pengamatan dan simulasi
§     3
§     -
§     -
·    Modul -SKKNI
·    Panduan quality stomer service
·    Video QCS



NAMA SEKOLAH                :    ..............................
MATA PELAJARAN             :    Dasar Kompetensi Kejuruan Usaha Jasa Pariwisata
KELAS/SEMESTER            :    X/1
STANDAR KOMPETENSI  :   Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan, dan keamanan di tempat kerja
KODE KOMPETENSI          :    PARUJPPKU03C
ALOKASI WAKTU                :    18 X 45 menit


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.   Prosedur keamanan dan kesehatan kerja
·    Peran kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam produktifitas kerja
·    Prosedur kesehatan, keselamatan, keamanan dan kesehatan kerja.
·    Identifikasi timbulnya kecelakaan
·    Macam-macam kasus kesehatan, keselamatan, keamanan dan cara penyelesaianya.
§     Menunjukkan sikap cermat dalam mengikuti prosedur keselamatan  kerja
§     Menjelaskan prosedur mencegah terjadinya kecelakaan kerja
§     Melaksanakan prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan
·    Prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja diikuti dengan benar berdasarkan kebijakan perusahaan dan peraturan pemerintah yang relevan dan keperluan asuransi
·    Gangguan terhadap prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja secepatnya diidentifikasi dan dilaporkan
·    Porto folio, praktik,
·    observasi
·    Simulasi
·    Demonstrasi
§     3
§     1
§     (2)
§     2
§     (8)
·    Modul SKKNI
·    UU K3

§      
§      
·    kepada pihak yang tepat
·    Aneka perilaku dan kejadian yang mengganggu secepatnya dilaporkan kepada orang yang tepat
§      
§      
§      
§      
§      
§      
§      
2.   Kaitan dengan situasi-situasi darurat/ emergency
·    Batasan pengertian keadaan darurat dalam perusahaan
·    Prosedur penangganan keadaan darurat
·    Cara meminta bantuan dalam keadaan darurat
·    Menunjukkan tenang, cepat dan tepat dalam bertindak
·    Mengidentifikasi macam-macam situasi darurat, penyebab dan  upaya antisipasi penanganannya
·    Menangani keadaan darurat dengan memberikan bantuan sesuai dengan prosedur yang berlaku dalam perusahaan
·    Keadaan darurat dan potensi terjadinya keadaan darurat secepatnya dikenali dan tindakan yang diperlukan ditetapkan dan dilakukan sesuai dengan lingkup tanggung jawab individu
§      
·    Porto folio, praktik,
·    observasi
·    Simulasi
·    Demonstrasi
§     2
§     1
§     (2)
§     1
§     (4)
·    Modul SKKNI
·    UU K3
3.   
§      
§      
·    Prosedur penanganan keadaan darurat diikuti dengan benar berdasarkan prosedur perusahaan
§      
§      
§      
§      
§      
4.  Mempertahan-kan standar keamanan dan presentasi masing-masing
§     Kesehatan personal dan lingkungan
§      
§     Standar penampilan diri di lingkup kerja
§     Melakukan inisiatif dalam menerapkan standar penampilan, keamanan dan kesehatan
§      
§     Menyimpulkan kriteria bekerja dalam kondisi yang selalu prima dan penampilan diri yang serasi
§      
§     Merawat diri / personal health
§      
·    Bantuan secepatnya dimintakan/diupayakan dari teman atau pihak lain yang berwenang
§  
·    Keadaan darurat selengkapnya dilaporkan dengan tepat sesuai dengan kebijakan perusahaan
§    
§     Porto folio, praktik,
§     observasi
§     Simulasi
§     Demonstrasi
§     2
§     1 (2)
§     1 (4)
§     Modul SKKNI
§     UU K3
5.   
§      
§      
·    Penampilan diri, kesehatan dan keamanan kerja di lingkungan tempat kerja diperhatikan dan dipelihara, termasuk:
§ Penampilan diri dan hygienis yang tepat
§ Busana dan asesoris yang tepat
§      
§      
§      
§      
§      
6.  Memberikan umpan balik mengenai kesehatan, keselamatan dan keamanan
·    Identifikasi isu kesehatan, keselamatan dan keamanan penting terkini
·    Klasifikasi sumber masalah/isu
·    Menyatakan pendapat sebagai umpan balik mengenai kesehatan, keselamatan dan keamanan
·    Menyebutkan macam-macam isu kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja
·    Menggunakan umpan balik sebagai dasar dari penyempurnaan kebijakan perusahaan tentang prosedur  kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja.
·    Isu/masalah penting yang memerlukan perhatian secepatnya diidentifikasi
·    Isu/masalah diperoleh dari orang/sumber yang tepat sesuai dengan kebijakan perusahaan dan peraturan pemerintah
·    Porto folio, praktik,
·    observasi
·    Simulasi
·    Demonstrasi
§     2
§     1
§     (2)
§     1
§     (4)
·    Modul SKKNI
·    UU K3


NAMA SEKOLAH                :   ..............................
MATA PELAJARAN             :   Dasar Kompetensi Kejuruan Usaha Jasa Pariwisata
KELAS/SEMESTER            :  
STANDAR KOMPETENSI  :   Menangani konflik
KODE KOMPETENSI          :   PARUJPPKU04C
ALOKASI WAKTU                :   18 X 45 menit


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
IINDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.  Identifikasi situasi konflik
·    Macam-macam konflik dan penyebabnya
·    Menunjukkan sikap sabar dan cermat dalam meng-identifikasi penyebab konflik, gejala konflik
·    Menjelaskan hal-hal yang menimbulkan konflik dan cara pencegahan terjadi-nya konflik

·    Potensi konflik diidentifikasi dengan cepat dan tindakan yang tepat dan cermat dilakukan untuk mencegah terjadinya eskalasi/ pening-katan
·    Studi Kasus,
·    Demonstrasi
·    Wawancara
§     3
§     2
§     (4)
§     3
§     (12)
·    Modul SKKNI
·    Panduan QCS
2.  Pemecahan situasi  konflik
·   Pengertian tugas dan wewenang
·   Strategi penyelesaian konflik berdasarkan klasifikasi dan wewenang:
-    Kerjasama dalam meng-atasi konflik
-    Batas-batas wewenang
-    Konsultasi dengan pimpinan
-    Sikap dan bahasa dalam menyelesaikan konflik
§      
·   Ikut serta dalam peme-cahan situasi konflik
·   Merumuskan gejala-gejala konflik  dan teknik mengatasi  konflik
·   Menyelesaikan konflik sesuai dengan Kode etik perusahaan
§      
·   Situasi yang memungkinkan mengancam keselamatan pelanggan dan teman kerja, dengan cepat diidentifikasi
·   Tanggung jawab dilakukan untuk menemukan solusi  terhadap konflik sesuai dengan lingkup tanggung jawab individu
·   Berbagai sudut pandang digali, diterima dan diperlaku-kan dengan penuh hormat
·   Keterampilan berkomunikasi efektif digunakan untuk membantu menangani konflik
·   Teknik penyelesaian konflik yang diterima digunakan untuk mengelola situasi dan mengembangkan solusi
§      
·   Studi Kasus,
·   Demonstrasi
·   Wawancara
§     3
§     2
§     (4)
§     2
§     (8)
·   Modul SKKNI
·   Panduan QCS
3.  Menanggapi keluhan konsumen
·   Macam-macam keluhan pelanggan
·   Teknik mengatasi keluhan pelanggan 
§      
·   Menampilkan sikap tenang, sabar dan percaya diri dalam menanggapi keluhan pelanggan
·   Mengidentifikasi keluhan pelanggan dan mencari alternatif solusinya
·   Menanggapi keluhan pelanggan sesuai dengan tugas dan wewenang serta tanggung jawabnya
·   Keluhan ditangani secara sensitif, sopan dan dengan bijaksana
·   Tanggungjawab diambil untuk memecakan keluhan
·   Keadaan dan perincian dari keluhan dibentuk dan disetujui dengan konsumen
·   Tindakan yang tepat diambil untuk memecahkan keluhan untuk kepuasan konsumen
·    Jika tepat, teknik digunakan untuk mengalihkan keluhan dalam kesempatan untuk menunjukkan pelayanan konsumen berkualitas tinggi
·    Setiap dokumentasi perlu dilengkapi dengan akurat dan dapat dibaca dalam batasan waktu 
·   Studi Kasus,
·   Demonstrasi
·   Wawancara
§     3
§     -
§     -
·   Modul SKKNI
·   Panduan QCS


NAMA SEKOLAH                :   ..............................
MATA PELAJARAN             :   Dasar Kompetensi Kejuruan Usaha Jasa Pariwisata
KELAS/SEMESTER            :   X/1
STANDAR KOMPETENSI  :   Mengembangkan dan memutakhirkan pengetahuan industri pariwisata
KODE KOMPETENSI          :   PARUJPPKU05C
ALOKASI WAKTU                :   28 X 45 menit


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.  Mencari informasi pada industri pariwisata
§     Pengertian Industri Pariwisata:
-    Perhotelan
-    Transportasi
-    Obyek Wisata
-    Restauran
-    Event/ peristiwa/acara besar yang sedang berlangsung
§     Jejaring kerja Industri Pariwisata (dan jenis layanannya).
§     Orgganisasi Utama dalam Industri Pariwisata  (Nasional dan Internasional)
§     Teknik mencari/ mengumpulkan informasi Industri Pariwisata
§     Dampak perkembangan Industri Pariwisata
§     Memilih informasi terkini yang dibutuhkan perusahaan
§     Menjelaskan macam-macam teknik mencari Informasi Industri Pariwisata
§     Mencari informasi industri pariwisata terkini dari berbagai sumber termasuk internet


·   Sumber-sumber informasi industri pariwisata diidentifikasi dan diakses dengan benar
·   Informasi spesifik pada sektor pekerjaan diakses
·   Informasi industri  diterapkan dengan benar dalam aktivitas pekerjaan harian
·   Isu lingkungan hidup untuk industri pariwisata
-    Ciri/karakter khusus industri daerah setempat
-    Kesempatan berkarir di industri pariwisata
-    Peran dan tanggung jawab staf pada industri pariwisata terhadap usaha pariwisata
-    Jaminan mutu
-    Informasi pariwisata pada sektor-sektor khusus di akses
§      
§     Porto folio,
§     Pengamatan
§     Tertulis,
§     Wawancara
§     8
§     6 (12)
§     6 (24)
§     SKNNI Modul
§     Majalah Pariwisata
§     TIM
§     Video Pariwisata

§      
§      
§     Informasi yang membantu efektifitas kinerja di industri didapatkan termasuk informasi tentang:
-    Dampak signifikan industri pariwisata terhadap ekonomi dan sosial dan peran pemerintah daerah
-    Macam-macam pasar pariwisata dan relevansinya terhadap sektor/sub sektor
-    Hubungan antara industri pariwisata dengan industri lainnya
-    Macam-macam sector industri, hubungan dan jenis layanan yang diberikan oleh tiap-tiap sektor.
-    Macam-macam organisasi utama industri pariwisata

§      
§      
§      
§      
§      
2.   Memperbarui/ merema-jakan pengetahuan industri pariwisata
§     Pengelolaan  dan klasifikasi data/ informasi pariwisata
§     Etika menyampaikan informasi pariwisata terkini
§     Menunjukkan sikap cermat, teliti dan akurat dalam memperbarui informasi industri pariwisata
§     Menjelaskan macam-macam teknik dan media memperbarui informasi pariwisata
§     Memperbarui pengetahu-an industri pariwisata melalui berbagai cara, termasuk mengakses internet.

§     Observasi  formal dan informal dilakukan untuk memperbarui/ meremajakan pengetahuan umum tentang industri pariwisata
§     Pengetahuan yang diperbarui digunakan untuk berbagi pengalaman dengan pelanggan dan rekan kerja serta diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari
§      
§     Porto folio,
§     Pengamatan
§     Tertulis,
§     Wawancara
§     4
§     2 (4)
§     2 (8)
§     SKNNI Modul
§     Majalah Pariwisata
§     TIM
§     Video Pariwisata


NAMA SEKOLAH                :   ..............................
MATA PELAJARAN             :   Dasar Kompetensi Kejuruan Usaha Jasa Pariwisata
KELAS/SEMESTER            :   X/1
STANDAR KOMPETENSI  :   Mengembangkan dan memperbarui pengetahuan lokal
KODE KOMPETENSI          :   PARUJPFPG14C
ALOKASI WAKTU                :   40 X 45 menit


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.   Mengembangkan pengetahuan daerah setempat (lokal)
§     Sumber-sumber Informasi umum daerah setempat (lokal) termasuk:
-  Perusahaan
-  Sarana transportasi
-  Daerah tujuan wisata Indonesial (Lokasi dan Peta)
-  Bea cukai
-  Peraturan daerah
-  Ekonomi
-  Budaya
§     Menampilkan sikap teliti dan cermat dalam mengembangkan pengetahuan tentang daerah setempat
§      
§     Menginventarisir dan mengklasifikasikan infor-masi umum dari bahasa Indonesia /Inggris/ bahasa asing lainnya tentang daerah setempat /lokal
Mengembangkan pengetahuan daerah setempat melalui berbagai sumber, termasuk melalui internet
·       Sumber-sumber informasi daerah setempat diidentifikasi dan diakses dengan benar
·       Informasi yang didapat dicatat dan disimpan untuk kegunaan pada masa yang akan datang
·       Jenis-jenis informasi yang sering diminta/ditanyakan oleh pelanggan diidentifikasi dan disediakan, termasuk :
-   Sarana transportasi setempat
-   Obyek/atraksi wisata setempat
-   Bea Cukai
§     Porto folio,
§     Pengamatan
§     Tertulis
§     Wawancara
§     20
§     9 (18)
§     11(44)
§     SKKNI Modul
§     Majalah ASITA
§     TIM
2.    
-   

-   Peraturan-peraturan daerah setempat
-   Ekonomi daerah setempat
§      
§      
§      
§      
§      
§      

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar